Rabu, 04 September 2013

The Black Orchid

Anggrek adalah salah satu jenis bunga indah yang tumbuh di daerah lembab, bebatuan, dan sangat cocok dengan iklim tropis indonesia. Salah satu jenis Anggrek yang dikategorikan langkah adalah Anggrek Hitam (Coelogyn Panorata). Kelangkaan Anggrek Hitam ini dibuktikan dengan keberadaannya yang hanya tumbuh di dataran Kalimantan, tidak mengherankan jika Coelogyn Panorata ini menjadi maskot Flora Provinsi Kalimantan Timur. 
www.google.com

www.google.com


Sebenarnya, Anggrek Hitam ini tidak berwarna hitam pada keseluruhan mahkota ataupun kelopak bunganya. Bahkan apabila diperhatikan secara sekilas mahkota bunganya akan berwarna kuning cenderung kehijauan. Namun, jenis anggrek ini dinamakan anggrek hitam karena memiliki lidah (labellum) berwarna hitam dengan motif garis berwarna hijau. Konon aroma bunga anggrek hitam ini harum semerbak dan bunganya akan bermekaran pada bulan maret hingga juni atau oktober hingga desember. 

Bagi para kolektor anggrek, bunga anggrek hitam merupakan salah satu sasaran utama yang diincar. Pada mulanya, anggrek Hitam sangat mudah dijumpai di kawasan Cagar Alam Padang Luway, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Bahkan, menurut kepercayaan masyarakat adat suku dayak mencuri anggrek hitam merupakan suatu pelanggaran terhadap hukum adat yang sulit diampuni. Namun, pada kenyataannya kini Anggrek Hitam semakin langkah dijumpai bahkan pada Cagar Alam Padang luway spesies anggrek Hitam kini semakin sedikit. Ditambah lagi semakin menyempitnya wilayah hutan kalimantan, membuat tempat tumbuh dan berkembangnya flora khas kalimantan semakin berkurang. 

Save The Black Orchid
Selamatkan Kekayaan Flora Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar